Tim Pendampingan Kanwil, Tinjau kesiapan WBK Rutan Cipinang dan Rupbasan Jakarta Timur

 IMG 20200213 WA0018

Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada K/L dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta telah berkomitmen untuk bersama-sama membangun Zona Integritas menuju WBK/ WBBM. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan pembentukan Tim WBK/ WBBM unit Satker serta pemenuhan data dukung Laporan Kegiatan Evaluasi (LKE) WBK/ WBBM.
Tim pendampingan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada tanggal 12-13 Februari 2020 melakukan pendampingan ke seluruh Satker di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Tim Pendampingan 4 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Ibu Salis Farida Fitriani dan beranggotakan 8 orang yang mewakili setiap pokja hari ini (13/02) turun langsung ke UPT Rutan Cipinang dan Rupbasan Jakarta Timur untuk memberikan penguatan dan pendampingan.

 

IMG 20200213 WA0017

IMG 20200213 WA0016
IMG 20200213 WA0011 IMG 20200213 WA0012

Untuk menjadikan Satuan Kerja sebagai WBK/WBBM harus memenuhi (6) enam Area Perubahan yang meliputi Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Untuk itu seluruh Tim dari Kantor Wilayah turun langsung untuk pendampingan dan membantu proses pemenuhan data dukung Laporan Kegiatan Evaluasi (LKE) pada seluruh Satuan Kerja di Wilayah DKI Jakarta. Selanjutnya bagi Unit Pelaksana Teknis yang dinilai mampu melengkapi unsur-unsur LKE akan diusulkan menjadi Satuan Kerja Menuju WBK/WBBM.

Zona Integritas adalah tujuan akhir bukan WBK atau WBBM, WBK atau WBBM adalah proses, suatu cara untuk menjadikan K/L/Daerah menjadi sebuah Island of Integrity atau Zona Integritas. Unit kerja yang telah menjadi WBK/WBBM selanjutnya harus menjadi pilot project dan benchmark untuk unit kerja lainnya yang berkeinginan untuk menjadi WBK/WBBM yang kedua, dan seterusnya. Saat ini sudah ada 3 Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang telah berhasil WBK yaitu Lapas Kelas IIA Salemba, Kanim Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan dan Kanim Kelas I Jakarta Pusat.

 

IMG 20200213 WA0013

 

IMG 20200213 WA0010


Print