Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 08 12 rdk imigrasi 1Jakarta.kemenkumham.go.id - Divisi Keimigrasian kembali mengadakan Rapat Dalam Kantor (RDK) dengan tema "Menyamakan persepsi dalam persiapan sebelum operasi dan penanganan hasil operasi pengawasan orang asing di wilayah DKI Jakarta" pada Hari Senin (12/08/2019). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Bambang Sumardiono, dan dihadiri pula oleh Kepala Divisi Administrasi (Nuni Suryani) dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dr. Baroto). Peserta kegiatan adalah para kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) maupun pegawai yg mewakili satuan kerja masing-masing. Terpantau hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur (Subki Miuldi), Kepala Rudenim (Morina Harahap), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat (Is Edy Eko Putranto), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok (Asrul), serta Pelaksana Harian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta.2019 08 12 rdk imigrasi 2

Dalam arahannya, Dr. Bambang Sumardiono memberikan poin-poin penting terkait dengan permasalahan keberadaan Orang Asing yang belum tuntas dikerjakan, mulai dari permasalahan pengungsi dan pencari suaka, kasus-kasus pelanggaran keimigrasian terutama pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing. Beliau menyampaikan bahwa sudah saatnya kita dapat melakukan transformasi pelaksanaan tugas pengawasan orang asing yang terkoordinasi dengan baik, baik antar UPT Keimigrasian maupun dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melalui Divisi Keimigrasian. Beliau berharap pada RDK ini seluruh peserta UPT Keimigrasian dapat memanfaatkan forum dengan sebaik-baiknya dan tidak ragu untuk menyampaikan masukan, saran dan pendapat terkait dengan perencanaan operasi gabungan yang akan dilaksanakan kedepannya dalam rangka menyempurnakan persamaan persepsi pelaksanaan koordinasi penanganan kedatangan tenaga kerja asing dan potensi permasalahannya.

Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Eko Punto  Adji Hartono, bertindak sebagai moderator dan menyampaikan permasalahan terkait dengan tema pengawasan orang asing. Kepala Subbidang Penindakan Keimigrasian, Paulus Hananto Kuscahyono, yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan poin-poin yang harus disamakan baik saat pra-operasi, operasi dan pasca operasi yang telah disusun oleh Divisi Keimigrasian. Yang termasuk dalam poin tersebut diantaranya adalah persiapan operasi pengawasan, hasil operasi pengawasan, konferensi pers, serta pro justitia. Terakhir, Kepala Divisi Keimigrasian, Agus Widjaja, juga memberikan paparan terkait dengan penerbitan persetujuan visa yang tidak tepat sasaran dan berharap hal ini dapat menjadi perhatian bagi pimpinan Kantor Imigrasi.

2019 08 12 rdk imigrasi 3

2019 08 12 rdk imigrasi 4 2019 08 12 rdk imigrasi 5

 

(Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)