Kadiv Keimigrasian Bertindak sebagai Delegasi RI pada Forum Kerja Sama Keimigrasian se-ASEAN

2021 08 28 Kadivim DELRI 1

Jakarta – Kepala Divisi Keimigrasian, Saffar M. Godam, menghadiri kegiatan ASEAN Directors General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs and Its Related Meetings (DGICM) pada Rabu-Kamis (25/08-26/08). Kegiatan yang merupakan pertemuan Direktur Jenderal Imigrasi dan Kekonsuleran se-ASEAN ini diselenggarakan setiap tahun untuk mempererat kerja sama dalam upaya menanggapi isu-isu keimigrasian terkini di wilayah Asia Tenggara. Pada penyelenggaraan 24th DGICM and Its Related Meetings tahun ini, Imigrasi Filipina bertugas sebagai tuan rumah.

Bertindak sebagai Delegasi Republik Indonesia (DELRI), Saffar M. Godam mengikuti beberapa rangkaian kegiatan. Pada sesi 1 kegiatan 4th ASEAN Heads of Major Immigration Checkpoints Forum (4th AMICF), seluruh delegasi saling bertukar informasi dan best practices guna menciptakan pemahaman yang lebih baik seputar tren, risiko, ancaman dan tantangan keamanan terkini pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

2021 08 28 Kadivim DELRI 3

2021 08 28 Kadivim DELRI 4

Di sesi berikutnya yaitu 16th ASEAN Immigration Intelligence Forum (16th AIIF) yang bertujuan untuk mendorong dan mengawasi pertukaran informasi intelijen Keimigrasian diantara para petugas Imigrasi dari seluruh Negara Anggota ASEAN. Sedangkan di sesi terakhir merupakan forum dengan melibatkan negara Australia, yaitu 16th ASEAN DGICM + Australia Consultation. Forum ini menghasilkan pertukaran pendapat, pandangan dan best practices yang sedang dijalankan serta membahas kemungkinan kerja sama baru antara ASEAN-Australia pada bidang Keimigrasian.

Kegiatan yang diselenggarakan di Direktorat Jenderal Imigrasi pun berlangsung lancar dengan menghasilkan pemahaman terbaru dalam pertukaran informasi dan kerja sama antar Negara ASEAN. Turut hadir sebagai DELRI Kepala Kanim Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Romi Yudianto.

2021 08 28 Kadivim DELRI 2 2021 08 28 Kadivim DELRI 5

Print   Email