Jamin Hak Penyandang Disabilitas, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Susun Raperda tentang Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

2022 06 13 Disabilitas 1Jakarta - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melaksanakan Rapat Rancangan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tentang Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas pada Senin (13/06). Bertempat di Aula Lantai IV rapat dibuka oleh Kepala Bidang HAM, Safatil Firdaus dan dihadiri Kepala Subbidang Pemajuan HAM (Lusia Wahyuniati) serta perwakilan Suku Dinas di Wilayah Pemerintahan Daerah DKI Jakarta.

2022 06 13 Disabilitas 2Dalam kesempatan yang sama Direktur Instrumen HAM, Betni Humiras Purba menjadi narasumber yang membawakan materi Penghormatan, Pelindungan dan Pemenuhan HAM Penyandang Disabilitas. Betni Humiras Purba menjelaskan ragam disabilitas yaitu Penyandang Disabilitas Fisik, Penyandang Disabilitas Intelektual, Penyandang Disabilitas Mental dan Penyandang Disabilitas Sensorik. Dengan melihat pada ragam disabilitas tersebut, maka perlu dipahami bahwa terdapat keunikan dan cara berinteraksi yang berbeda pada setiap ragam disabilitas yang menentukan bentuk pelaksanaan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan taraf kehidupan penyandang disabilitas yang berkualitas, adil, sejahtera lahir dan batin, mandiri, serta bermartabat.

2022 06 13 Disabilitas 3Selanjutnya pemateri kedua dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta selaku Pemrakarsa, Dewi Aryati Ningrum memaparkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi DKI Jakarta tentang Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Dewi Aryati Ningrum menjelaskan Urgensi Penggantian Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perlindungan Hak Penyandang Disabilitas sudah tidak relevan secara filosofis, sosiologis, dan yuridis.

2022 06 13 Disabilitas 4Narasumber terakhir dari Biro Hukum Setda Provinsi DKI Jakarta, Yeni Rosdianti memberikan paparan tentang Tinjauan Hak Asasi Manusia pada Rancangan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tentang Pelaksanaan Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta.

 

 

2022 06 13 Disabilitas 5 2022 06 13 Disabilitas 6

Print   Email