Page 6 - Buletin Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Juni 2020
P. 6

Liputan Kanwil









          BALITBANG HUKUM DAN HAM

          PENGUMPULAN DATA LAPANGAN

          PENGELOLAAN PENGADUAN


          DIIKUTI 33 KANTOR WILAYAH




          Jakarta.kemenkumham.go.id - Badan                                            yaitu bagaimana pengelola
          Penelitian dan Pengembangan                                                  pengaduan pada tiap Kantor
          (Balitbang) Hukum dan Hak Asasi                                              Wilayah serta kendala apa
          Manusia menyelenggarakan kegiatan                                            saja yang dihadapi. Peneliti
          pengumpulan data lapangan                                                    dari Balitbang juga hadir untuk
          mengenai pengelolaan pengaduan di                                            memberikan pertanyaan-
          Kementerian Hukum dan Hak Asasi                                              pertanyaan yang diberikan
          Manusia (Kemenkumham) pada Selasa                                            baik melalui survei maupun
          (02/06).                                                                     wawancara.

          Diikuti oleh petugas pengaduan pada                                          Kegiatan ini dilaksanakan dalam
          33 Kantor Wilayah Kemenkumham                                                format wawancara dimana
          seluruh Indonesia sebagai responden,   Dimoderatori oleh Josephin Mareta dari   secara bergantian petugas pengaduan
          kegiatan ini diselenggarakan     selaku ketua tim penelitian, kegiatan ini   pada Kantor Wilayah menyampaikan
          melalui teleconference via aplikasi   dilaksanakan dalam upaya pengintegrasian   pelaksanaan pengelolaan pengaduan.
          Zoom Meeting. Adapun Kantor      layanan pengaduan pada lingkungan   Adapun ruang lingkup pertanyaan
          Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta   Kemenkumham yang memiliki banyak   tersebut terdiri dari: Regulasi, SOP,
          mendapatkan waktu sesi pertama   kanal pengaduan.                    Sumber Daya Manusia, Sarana &
          bersamaan dengan Kantor Wilayah                                      Prasarana, Anggaran, Akses Masyarakat,
          Jawa Barat, Banten, Sumatera Selatan,   Pengumpulan data ini dimaksudkan untuk   serta Mekanisme Pengawasan. • Indah
          Sumatera Utara, Lampung dan Riau.  penelitian dengan pertanyaan besarnya   Kusuma Dewi







































    4       HUMAS KANWIL DKI JAKARTA Vol. 5 - No. 42, JUNI 2020
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11