Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Pengaduan, 10 Juni 2-14 bertempat di The Media Hotel and Tower, Jakarta Pusat |
Jakarta, 10 Juni 2014 bertempat di Hotel The Media Hotel and Towers, Jalan Gunung Sahari, No. 3, Jakarta Pusat 10720. Bimbingan Teknis Penanganan Pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Drs. Yasmon. M.L.S.. Laporan Penyelenggara disampaikan oleh Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, A. Fauzi, S.H.
Peserta dan panitia berjumlah 80 (delapan puluh) orang pegawai yang terdiri dari pejabat pengelola informasi dan dokumentasi dan pejabat fungsional umum yang menangani pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, unit pelaksana teknis dan unit Eselon I.
Narasumber pada bimbingan teknis ini adalah pejabat dari Komisi Informasi Pusat, pejabat dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, pejabat Biro Perencanaan dan pejabat Biro Humas dan KLN. Waktu pelaksanaan kegiatan ini selama 2 (dua hari) yaitu tanggal 10 s.d. 11 Juni 2013.
Dengan diberlakukannya berbagai peraturan perundang-undangan tentang keterbukaan informasi publik , seluruh satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM diharapkan dapat memahami konsekuensi dan langkah-langkah apa yang harus diambil.
“Melalui kegiatan ini diharapkan akan bisa dipahami tentang makna keterbukaan informasi publik mulai dari tataran filosofis sampai pada tataran praktis. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah memahami klasifikasi informasi yang dimiliki badan publik. Jangan sampai terjadi, apa yang seharusnya bisa diketahui publik, tetapi justru kita rahasiakan, sementera informasi yang seharusnya kita rahasiakan justru malah kita sampaikan kepada publik” disampaikan oleh Kepala Divisi Administrasi dalam sambutannya.
Maksud dan tujuan diselenggarakan Bimbingan Teknis Penanganan Pengaduan Tahun Anggaran 2014 antara lain:
- Terlakasananya penanganan pengaduan masyarakat secara tepat, tertib, cepat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,
- Terjalinnya koordinasi antar instansi pemerintah yang baik dalam menyelesaikan penanganan pengaduan masyarakat;
- Terlaksananya keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada lembaga dan publik;
- Meningkatnya kapasitas layanan informasi publik dengan memberikan pemahaman bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat.
Ketua Panitia, A. Fauzi, S.H., membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Pengaduan, 10 Juni 2-14 bertempat di The Media Hotel and Towes, Jakarta Pusat |
Narasumber, Sekretaris Komisi Informasi Pusat, Drs. Bambang Hardi Winata, M.M., menyampaikan materi proses dan tata cara permohonan, pelaksanaan dan pnyelesaian sengketa informasi publik dan kewenangan Komisi Informasi Pusat dalam implementasi keterbukaan informasi publik, 10 Juni 2014 di Hotel The Media Hotel and Towes, Jakarta Pusat. |
Kepala Kantor Wilayah sebagai narasumber menyampaikan materi UU Keterbukaan Informasi Publik sebagai implementasi asas keterukaan dan upaya perwujudan Good Governance, 10 Juni 2014 di Hotel The Media Hotel and Tower, Jakarta Pusat |
Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Sri Ngulati, S.H., M.H., menyampaikan materi proses dan tata cara penanganan layanan pengaduan dan tindak lanjut pelaporan pelanggaran (whistleblowing) di lingkungnan Kementerian Hukum dan HAM dalam bimbingan teknis penanganan pengaduan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tahun anggaran 2014, 10 Juni 2014, di Hotel The Media Hotel and Tower, Jakarta Pusat. |
Kepala Sub Bagian Sistem Prosedur Metoda Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Herlina Milasari, S.E., M.Si., menyampaikan materi Standar Operasional Prosedur Penanganan Pengaduan dan Pelayanan Informasi Publik di lingkungan Kemenkumham RI, dalam bimbingan teknis penanganan pengaduan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tahun anggaran 2014, 11 Juni 2014, di Hotel The Media Hotel and Tower, Jakarta Pusat. |
Kepala Biro Humas dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Hukum dan HAM, M.J. Baringbing, S.H., M.H., menyampaikan materi simulasi layanan informasi dan sengketa Informasi dalam bimbingan teknis penanganan pengaduan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tahun anggaran 2014, 11 Juni 2014, di Hotel The Media Hotel and Tower, Jakarta Pusat. |
Kepala Divisi Administrasi menyerahkan piagam kepada peserta bimbingan teknis penanganan pengaduan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tahun anggaran 2014, 11 Juni 2014, di Hotel The Media Hotel and Tower, Jakarta Pusat. |