Gelar Menkumham Cup 2021, Yasonna H Laoly Apresiasi Kemampuan dan Kapasitas Menembak ASN Kemenkumham

2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 1

Jakarta - Setelah kegiatan pembukaan yang dilaksanakan pada Jum’at (15/10), gelaran kegiatan Skill & Challenge Menkumham Cup 2021 diselenggarakan di Lapangan Tembak Jusman Puger, Marinir Cilandak, Sabtu (16/10). Dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly,  kegiatan ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Korps Marinir dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021 yang menjadi ajang pembuktian bagi para peserta terbaik dari Unit Utama dan Kantor Wilayah dalam olahraga menembak.

Pada Menkumham Cup 2021, diperlombakan 2 (dua) kategori kelas pertandingan yang terdiri dari Eksekutif Class 15 meter yang dipertandingkan untuk undangan VVIP, serta Presisi Class 15 meter yang dipertandingkan oleh perwakilan peserta dari masing-masing Unit Utama dan Kantor Wilayah. Sebelumnya, perwakilan peserta telah mengikuti seleksi. Yang terbaik pun berhak untuk mengikuti putaran final Presisi Class dengan menggunakan senjata pistol berkaliber 9 mm.

2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 4 2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 3

Yasonna H. Laoly turut berpartisipasi dalam pertandingan Eksekutif Class bersama dengan Ketua MPR RI (Bambang Soesatyo), Wakil Menteri (Edward Omar Sharif Hiariej), dan Para Pimpinan Unit Utama. Sebagai pencinta olahraga menembak, Yasonna menyebut cabang olahraga ini sebagai aktifitas yang membutuhkan kesinambungan kerja antara aksi dan reaksi, serta konsentrasi yang tinggi. Apresiasi pun disampaikan kepada para peserta terbaik yang hadir dan menyemarakkan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021 dengan menunjukkan kemampuan dan kapasitasnya dalam olahraga menembak.

Selain memperlombakan 2 (dua) kategori kelas pertandingan, instruktur dari marinir Cilandak juga menyelenggarakan eksibisi tembak reaksi level 1 khusus bagi para peserta yang telah memiliki sertifikat tembak reaksi. Dengan kecepatan dan ketepatan, peserta juga diharapkan untuk memprioritaskan keselamatan dan keamanan. Kombinasi tersebutlah yang membuat olahraga menembak menjadi olahraga populer dan dipertandingkan di kancah dunia.

Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Eka Tjahjana, selaku penanggung jawab kegiatan Menkumham Cup 2021 mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Menkumham Yasonna H. Laoly yang telah memberikan dukungan, “Terima kasih pula atas sinergitas yang terjalin dengan Korps Marinir dari mulai perencanaan kegiatan hingga penyelenggaraan kegiatan”, ujar Widodo Eka Tjahjana.

Kegiatan Skill & Challenge Menkumham Cup 2021 pun terbilang sukses. Dengan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai sponsor, para pemenang pun berhak mendapatkan reward proteksi Dana Investasi Sejahtera (Dasetera) senilai 10 juta rupiah. Pada Presisi Class 15 m, juara pertama diraih oleh Oga Darmawan (Sekretariat Jenderal) sedangkan juara kedua dan ketiga diraih oleh Heru Yuswanto (Perwakilan Kanwil Kalimantan Selatan) dan Sarwono (Perwakilan Kanwil Sumatera Barat).

2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 6

Adapun pemenang Eksekutif Class 15 m, diraih oleh Menkumham Yasonna H Laoly. Sedangkan raihan posisi kedua dan ketiga didapatkan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Wamenkumham Edward OS. Hiariej. Selain pemenang pada kelas kategori, diumumkan pula peserta dengan kategori Eksekutif Class cakap yaitu Prof. Benny Riyanto (Dirjen PP), Eksekutif Class mahir oleh M. Hendra Utama dan Eksekutif Class ulung oleh Oga G. Darmawan.

Menutup kegiatan, Yasonna H Laoly menyampaikan apresiasi atas koordinasi yang solid dari seluruh jajaran untuk bekerja keras mewujudkan kegiatan Menkumham Cup 2021, “Terima kasih pula kepada Korps Marinir selaku tuan rumah yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga tidak terjadi musibah apapun di dalam penyelenggaraan. Tak lupa ucapan terima kasih kepada BRI sebagai sponsor yang telah berpartisipasi menyukseskan Menkumham Cup 2021”, ujar Yasonna H Laoly. Beliau berharap kerja sama ini tetap solid dan terjalin dengan kuat di masa mendatang.

2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 2

2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 5 2021 10 16 Skill Challenge Menkumham Cup 1

 


Print   Email