Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberantas pungutan liar, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara memberikan pelatihan "Building Sense of Service" kepada seluruh pegawai. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 18-20 November 2016 di Hotel Mercure Ancol. Kegiatan tersebut mengundang lembaga pengembangan kepribadian ternama yaitu John Robert Power.
Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta membuka acara
Acara secara resmi dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Bapak Endang Sudirman pada hari Jumat tanggal 18 Nopember 2016 pada pukul 19.30 WIB. Keesokan harinya Pegawai mendapatkan pengetahuan mengenai pentingnya komunikasi yang efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain komunikasi hal lain yang juga sangat penting adalah sikap, gerak tubuh dan empati dalam memberikan pelayanan. Tidak hanya itu, pegawai juga belajar untuk bekerjasama sebagai satu tim.
Para peserta berfoto bersama para pengajar
Para peserta training Building Sense of Services
Pada hari terakhir pegawai mendapatkan pengetahuan mengenai pentingnya mind setting (menata pikiran) agar pelayanan bisa berjalan prima dengan mengesampingkan masalah pribadi pada saat memberikan pelayanan. Hal lain yang perlu ditanamkan yaitu menanamkan pikiran positif sehingga hasil yang dicapai pun akan positif pula.
Para peserta training Building Sense mendengarkan materi mind setting
Para peserta training mengikuti kegiatan olahraga pagi
Diharapkan dengan kegiatan semacam ini, petugas memperoleh pemahaman mengenai pentingnya memberikan pelayanan prima dengan tutur kata dan sikap yang sopan disertai dengan pengetahuan yang cukup mengenai bidang tugas masing - masing. Lebih jauh lagi diharapkan dapat menghindari adanya pungutan liar.
Kegiatan kerjasama tim card building
Kontributor berita dan foto: Kantor Imigirasi Kelas I Jakarta Utara